Kamis, 10 Februari 2011

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Kata Pengantar



Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga Makalah ini berhasil diselesaikan , judul yang dipilih adalah “SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER”.
Diharapkan tulisan ini bermanfaat untuk menambah informasi mengenai Perkembangan Komputer .
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karna itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah ini. Akhir kata kami ucapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat.

Makassar, 5 Februari 2011
Penyusun, 



 DAFTAR ISI
Kata Pengantar   
Daftar Isi   
Bab 1 Pendahuluan       
Bab II  Pembahasan               
2.1Definisi Komputer dan Penemu Komputer
2.2 Generasi komputer
2.3Teknologi Perangkat Keras Processor
Bab III  Penutup           
 Kesimpulan        
Daftar Pustaka    


BAB I
PENDAHULUAN

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. 



BAB II
         PEMBAHASAN


2.1 Definisi Komputer dan Penemu
          Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi.

2.2 Genersi Komputer

1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )
menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data.
Contoh komputer generasi pertama:  
a)     ENIAC
 ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) Dirancang     oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
b)    EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
 Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c)     EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
 memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d)    UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1             ( Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.



2. Komputer generasi kedua ( 1959   1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
 Kemudian Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language ( COBOL ) dan Formula Translator ( FORTRAN ) mulai umum digunakan.
Contoh komputer genarasi kedua :
a)     OMPUTER DEC PDP-8

3.  Komputer generasi ketiga ( 1964   awal 80an tahun )
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system)

4. Komputer generasi keempat ( awal 80an -)
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: “mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik”
Setelah tahun 1940

1.     Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,
2.     Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

3.     Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

5. Komputer generasi kelima ( MASA DEPAN )
Sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

2.3 Teknologi Perangkat Keras Processor
          Processor merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer yang melakukan keselurahan. Processor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU ( Aritmatika Logic Unit ) dan Control Unit.
Kecepatan kerja processor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unitnya. Contoh: jika processor memilki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemrosesan satu instruksinya = T =1/f =1/(350x106Hz),= 0,286 x 10-8 detik.
Bagian Utama Processor
1.     Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
2.     Aritmatika Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (tambah, kurang, kali, bagi) serta data logika (perbandingan)


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
 
komputer adalah seperangkat alat eletronik yang mengolah data-data menjadi informasi bantuan instuksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut bahasa program.
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu masalah, maka akan merasakan manfaat yang besar dalam hal : efisien waktu, biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik. 



DAFTAR PUSTAKA


Wordpress.com/2008/09/definisi-komputer.pdf
Diakses  (05 februari2011)
Bayu putra.com/2010/08/06/penemu komputer
Diakses (05 februari2011)
Wordpress.com/2010/07/sejarah-perkembangan komputer.ppt
Diakses (05 februari2011)

0 komentar:

Poskan Komentar